Tuesday, January 10, 2017

Metode-Metode Dalam Ilmu Ekonomi

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat banyak dan dengan adanya kehidupan manusia sudah jelas manusia mempunyai kebutuhan pokok dan hal itu dapat dibuktikan dikehidupan individu, kelompok kecil atau besar . dalam kaitannya kebutuhan tersebut  juga tidak terlepas dalam sebuah sitem perekonomian yang kami ambil di satu negara yakni indonesia. karna negara Indonesia mempunyai berbagai sistem dan struktur yang sudah ditetapkan, salah satunya  kami telah mendapatkan suatu tema dari sistem ekonomi Indonesia yang berjudul metode-metode ekonomi yang ada didalamnya .
Karena ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai pelaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Maka dari itu untuk membantu mengelola sumber daya alam yang baik kami disini akan memberiakan suatu pembahasan mengenai metode-metode perekonomian di Indonesia .
1.2  Rumusan masalah
·         Apa yang dimaksud dengan metode-metode perekonomian di indonesia ?
·         Bagaimana indonesia khususnya warga negaranya mengetahui seperti apa saja metode yang dipakai dalam perekonomoian didalamnya ?
1.3  Tujuan

Ø  Agar setiap pembaca mengetahui definisi metode perekonomian di indonesia .
Ø  Agar setiap pembaca mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan dan  mengelola perekenomian untuk undividu dan kelompoknya .




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Definisi
               Ilmu ekonomi secara sederhana merupakan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang bersifat tidak terbatas dengan alat pemenuhan kebutuhan berupa barang dan jasa yang bersifat langka serta memiliki kegunaan alternatif. Untuk itu, cara pemenuhan kebutuhannya berkaitan dengan metode-metode dalam ilmu ekonomi tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam ilmu ekonomi menurut Chaurmain dan Prihatin (1994:14-16) meliputi sebagai berikut.
1. Metode Induktif
Metode dimana suatu keputusan dilakukan dengan mengumpulkan semua data informasi yang ada di dalam realitas kehidupan. Realita tersebut mencakup setiap unsure kehidupan yang dialami individu, keluarga, masyarakat likal, dan sebagainya yang mencoba mencari jalan pemecahan sehingga upaya pemenuhan kebutuhan tersebut dapat dikaji secermat mungkin. Sebagai contoh, upaya menghasilkan dan menyalurkan sumber daya ekonomi. Upaya tersebut dilakukan sedemikian rupa sampai diperoleh barang dan jasa yang dapat tersedia pada jumlah, harga dan waktu yang tepat bagi pemenuhan kebutuhan tersebut. Untuk mencapai tujuan kebutuhan tersebut, diperlukan perencanaan yang dalam ilmu ekonomi berfungsi sebagai cara atau metode untuk menyusun daftar kebutuhan terhadap sejumlah barang dan jasa yang diperlukan masyarakat
2. Metode Deduktif
Metode ilmu ekonomi yang bekerja atas dasar hukum, ketentuan, atau prinsip umum yang sudah diuji kebenarannya. Dengan metode ini, ilmu ekonomi mencoba menetapkan cara pemecahan masalah sesuai dengan acuan, prinsip hukum, dan ketentuan yang ada dalam ilmu ekonomi. Misalnya, dalam ilmu ekonomi terdapat hukum yang mengemukakan bahwa jika persediaan barang dan jasa berkuranng dalam masyarakat, sementara permintaannya tetap maka barang danjasa akan naik harganya. Bertolak dari hukum ekonomi tersebut, para ahli ekonomi secara deduktif sudah dapat menentukan bahwa harus dijaga agar persediaan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat tersebut selalu dapat mencukupi dalam kuantitas dan kualitasnya Buolding (1955:12) menyebutnya sebagai metode experiment intelektual
3. Metode matematika
Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi dengan cara pemecahan soal-soal secara matematis. Maksudnya bahwa dengan cara pemecahan soal-soal secara matematis. Maksudnya bahwa dalam matematikaterdapat kebiasaan yangdimulai pembahasan dalil dalil.Melalui pembahasan dalil-dalil tersebut dapat dipastikan bahwa kajiannya dapat diterima secara umum
4. Metode Statistika
Suatu metode pemecahan masalah ekonomi dengan cara pengumpulan, pengolahan, analisis, penafsiran, dan penyajian data dalam bentuk angka-angka secara statistik. Dari angka-angka yang disajikan, kemudian dapat diketahui permasalahanyang susungguhnya dapat diketahui permasalah yang sesungguhnya Selanjutnya dicarikan cara pemecahannya.Sebagai contoh,pembahasan mengenai pengangguran. Dalam hal ini, dapat terlebih dahulu diidentifikasi unsure-unsur yang berkaitan dengan pengangguran, misalnya data perusahaan, data tenaga kerja yang terdidik atau kurang terdidik, jenis dan jumlah lapangan kerja yang tersedia, jumlah dan tingkat upah yang ditawarkan perusahaan, tempat perusahaan beroperasi, rata-rata tempat tinggal para calon pekerja. Dari data yang terkumpul tersebut, seorang ahli ekonomi dapat menyusunanalisis dan penafsiran data secara statistik yang berhubungan dengan pemecahan masalah penganguran tersebut. selanjutnya, dari angka-angka statistik tersebut dapat ditentukan cara yang tepat untuk membantu mengatasi masalah pengangguran secara akurat berdasarkan tafsiran peneliti terhadap angka-angka yang disajikan statistik.
BAB III
PENUTUPAN

3.1  Kesimpulan
            Berdasarkan pembahasan yang telah dibuat, kami menyimpulkan bahwa :
·         Metode ekonomi adalah suatu upaya manusia yang berguna untuk menyelasaikan permasalahan yang meliputi kebutuhan barang dan jasa .
·         Bahwasanya ilmu yang membahas tentang ekonomi sangat berguna untuk mengatur pemasuk dan pengeluaran .
·          ilmu ekonomi berfungsi sebagai cara atau metode untuk menyusun daftar kebutuhan terhadap sejumlah barang dan jasa yang diperlukan masyarakat .

3.2 Kritik dan saran
§  Menurut pengamatan kami,di indonesia banyak hal-hal yang harus diketahui oleh setiap warga negaranya, salah satunya dalam sistem perekonomian indonesia. Kenapa dikatakan demikian, karna dalam dewasa ini perekonomian di indonesia harus mengarah ke suatu perubahan yang lebih baik .
§  Demkianlah makalah ini kami buat, untuk itu apabila terdapat kesalahan mohon dimaafkan dan apabila ada saran atau kritik yang ingin disampaikan, silahkan sampaikan kepada kami. Terima kasih



DAFTAR PUSTAKA


No comments:

Post a Comment

Popular Posts