Tuesday, January 10, 2017

Contoh Makalah Pasar Modal

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Pasar Modal
            Pasar modal (capital market) adalah lembaga keuangan bukan bank yang mempunyai kegiatan berupa penawaran dan perdagangan efek. Selain itu juga merupakan lembaga profesi yang berkaitan dengan transaksi jual beli efek dan perusahaan public yang berkaitan dengan efek. Dengan demikian pasar modal dikenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli modal/dana.
            Pengertian pasar modal berdasarkan keputusan presiden No. 52 Tahun 1976 tentang pasar modal menyebutkan bahwa pasar modal adalah Bursa Efek seperti yang dimaksud dalam UU No. 15 Tahun 1952 (Lembaran Negara Tahun 1952 Nomor 67). Menurut UU tersebut, bursa adalah gedung atau ruangan yang di tetapkan sebagai kantor dan tempat kegiatan perdagangan efek, sedangkan surat berharga yang di kategorikan sebagai efek adalah saham, obligasi, serta surat bukti lainnya yang lazim di kenal sebagai efek.
            Bursa efek atau bursa saham adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek atau saham perusahaan obligasi pemerintah. Bursa efek tersebut, bersama-sama dengan pasar uang merupakan sumber utama permodalan eksternal bagi peusahaan dan pemerintah. Biasanya terdapat suatu lokasi pusat, setidaknya untuk catatan, namun perdagangan kini semakin sedikit dikaitkan dengan tempat seperti itu, karena bursa saham modern kini adalah jaringan elektronik, yang memberikan keuntungan dari segi kecepatan dan biaya transaksi.

2.2. Jenis Pasar Modal
`           Dalam menjalankan fungsinya, pasar modal di bagi menjadi dua jenis yaitu :
1.      Pasar Perdana (Primary Market )
            Pasar peradana adalah adalah penawaransaham pertama kali dari emiten kepada para pemodal selam waktu yang ditetapkan oleh pihak penerbit (issuer) sebelum saham tersebut belum diperdagangkan di pasar sekunder. Biasanya dalam jangka waktu sekurang-kurangnya 6 hari kerja. Harga saham di pasar perdana di tentukan oleh penjamin emisi dan perusahaan yang go public berdasarkan analisis fundamental perusahaan yang bersangkutan,

2.      Pasar Sekunder (Secondary Market)
            Pasar Sekunder adalah tempat terjadinya transaksi jual-beli saham diantara investor setelah melewati masa penawaran saham di pasar perdana. Dalam waktu selambat-lambatnya 90 hari setelah ijin emisi di berikan maka efek tersebut harus di catatkan di bursa, harga saham pasar sekunder berfluktuasi sesuai dengan sekspetasi pasar, jangka waktunya tidak terbatas. Tempat terjadinya pasar sekunder di dua tempat yaitu :
a.       Bursa regular, adalah bursa efek resmi seperti bursa efek Jakarta (BEJ).
b.      Bursa parallel, adalah suatu system perdagangan efek yang terorganisir di luar bursa efek resmi, dengan bentuk pasar sekunder yang diatur dan di selenggarakan oleh perserikatan perdagangan uang dan efek-efek (PPUE).

2.3. Pelaku Dalam Pasar Modal
            Para pemain utama yang terlibat di pasar modal dan lembaga penunjamg yang terlibat langsung dalam proses transaksi antara pemain utama sebagai berikut:
1.      Emiten
      Perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa di sebut emitan.
2.      Investor
      Pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya di perusahaan yang melakukan emisi disebut investor.
3.      Lembaga Penunjang
      Fungsi lembag penunjang ini antara lain turut serta mendukung beroperasinya pasar modal. Sehingga mempermudah baik emiten maupun investor dalam melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pasa modal.

2.4. Instrumen Pasar Modal
            Instrument keuangan yang di perdagangkan di pasar modal merupakan instrument jangka panjang (jangka waktu lebih dari 1 tahun ) seperti saham, obligasi dan surat berharga lainnya.

a.       Saham (stock)
      Saham merupakan salah satu instrument pasar keuangan yang paling popular. Pada sisi yang lain saham merupakan instrument investasi yang banyak di pilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.
  
b.      Obligasi (bonds)
      Obligasi adalah surat pengakuan hutang suatu perusahaan yang akan dibayar pada waktu jatuh tempo sebesar nilai nominalnya. Penghasilan yang di peroleh dari obligasi berupa tingkat bunga yang akan dibayarkan oleh perusahaan penerbit obligasi tersebut pada saat jatuh tempo.

c.       Surat Berharga Lainnya
      Option adalah surat pernyataan yang di keluarkan oleh seseorang atau lembaga (tetapi bukan emiten) untuk memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham (call option) dan menjual saham (put option) pada harga yang telah di tentukan sebelumnya.
      Warrant adalah surat berharga yang di keluarkan oleh perusahaan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham perusahaan dengan persyaratan yang telah di tentukan sebelumnya.

2.5. Fungsi Pasar Modal
1.      Sebagai sarana penambah modal bagi usaha
2.      Sebagai sarana pemerataan pendapatan
3.      Sebagai sarana peningkatan kapasitas produksi
4.      Sebagai sarana penciptaan tenaga kerja
5.      Sebagai sarana peningkatan pendapatan Negara
6.      Sebaga indicator perekonomian Negara

2.6. Manfaat Pasar Modal
1.      Dapat menghimpun dana-dana yang berasal dari masyarakat untuk memperluas usaha dan membuka proyek-proyek baru.
2.      Memperluas lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran.
3.      Dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat.
4.      Perusahaan yang menawarkan efek kepada masyarakat memiliki ketergantungan yang rendah pada bank.
5.      Waktu dalam menggunakan dana masyarakat lebih luas.
6.      Pemegang saham maupun obligasi sama-sama memperoleh keuntungan baik berupa deviden maupun bunga.
7.      Investor lebih mudah berpindah dari sebuah peruahaan ke perusahaan yang deviden atau bunganya lebih tinggi.
8.      Investor turut serta dalam kegiatan perusahaan melalui rapat umum pemegang saham.
9.      Pasar modal turut serta meningkatkan kegiatan pembangunan ekonomi.


BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
      Pasar mdal adalah tempat perusahaan mencari dana segar untuk meningkatkan kegiatan bisnis sehingga dapat mencetak lebih banyak keuntungan. Dana segar yang ada di pasar modal berasal dari masyarakat yang di sebut juga sebagai investor. Para investor melakukan berbagai tehnik analisis dalam menentukan investasi di mana semakin tinggi kemungkinan suatu perusahaan menghasilkan laba dan semakin kecil resiko yang dihadapi maka semakin tinggi pula permintaan investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Bentuk yang paling umum dalam investasi pasar modal adalah saham dan obligasi.

3.2. Usul dan Saran
      Makalah ini tentnya jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, masukan serta saran dari para pembaca sangat kami harapkan demi tercapainya kesempurnaan tersebut.


DAFTAR PUSTAKA

2.      www.idx.co.id
3.      www.wikipedia.com

No comments:

Post a Comment

Popular Posts