Tuesday, January 10, 2017

Contoh Makalah Struktur Sistem Sosial Budaya Indonesia

BAB I

PENDAHULUAN
Dengan semakin majunya zaman, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kebudayaan atau budaya Indonesia semakin tidak di perhatikan keberadaanya, bahkan belakangan ini banyak sekali budaya Indonesia yang diklaim oleh pihak lain, dan mungkin mereka lebih peduli daripada kita yang memilikinya. Indonesia adalah Negara yang kaya, subur dan seharusnya juga makmur. Tapi apa yang terjadi?.
Sedikit mengenai Sistem Sosial dan Budaya di Indonesia, dalam kurun waktu yang singkat ini banyak penyimpangan-penyimpangan dari Sistem Sosial dan Budaya itu sendiri, bukan orang lain yang melakukannya, dan anehnya itu dilakukan oleh kita sendiri sebagai bangsa Indonesia yang seharusnya menjaga nilai-nilai kebudayaan tersebut.

1.      Apa itu Struktur Sistem Sosial Budaya Indonesia ?
2.      Apa sajakah yang termasuk ke dalam Struktur Sistem Sosial Budaya Indonesia?
3.      Apa yang dimaksud dengan Tata Nilai, Tata Sosial, dan Tata Laku ?

1.3. Tujuan
1.      Untuk Mengetahui Definisi dari Struktur Sistem Sosial Budaya Indonesia.
2.      Untuk Mengetahui Apa saja yang termasuk Struktur Sistem Sosial Budaya Indonesia.
3.      Untuk Menegtahui Apa yang dimaksud dengan Tata Nilai, Tata Sosial, dan Tata Laku.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Definisi Struktur Sistem Sosial Budaya Indonesia

Struktur sosial budaya dimaksudkan sebagai jalinan unsur- unsur sosial budaya yang pokok dalam masyarakat. Ia merupakan cara bertingkah laku yang menandai adanya kelompok sosial. Struktur sosial melekat kedalam institusi sosial yang dibentuk secara historis. Dasar hubungan dalam struktur sosial adalah hubungan antar manusia berdasarkan status dan peranan yang saling berkaitan sehingga hubungan itu menjadi terpolakan.
Raymond firth mengemukakan bahwa konsep struktur sosial merupakan alat analisis yang diwujudkan untuk membantu pemahaman tentang tingkah laku manusia dalam kehidupan sosial. Dasar yang penting dalam struktur sosial ialah relasi-relasi sosial yang jelas penting dalam menentukan tingkah laku manusia, yang apabila relasi sosial itu tidak dilakukan, maka masyarakat itu tak terwujud lagi. Struktur sosial juga dapat ditinjau dari segi status, peranan, nilai-nilai, norma, dan institusi sosial dalam suatu relasi. 

2.2. Struktur Sistem Sosial Budaya Indonesia

Struktur sistem sosial budaya Indonesia dapat merujuk pada nilai - nilai yang terkandung dalam pancasila yang terdiri atas:
                                                                           
Struktur tata nilai kehidupan pribadi atau keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara meliputi berikut ini :
1)      Nilai agama atau kepercayaan terhadapa Tuhan Yang Maha Esa (iman);
2)      Nilai dan kebenaran atau kenyataan dan keindahan yang bersumber dari kala dan rasa manusia (cipta dan rasa);
3)      Nilai moral atau kebaikan yang bersumber dari kehendak atau kemauan (karsa dan etika);
4)      Nilai vital (peragaan kehidupan), yaitu nilai-nilai yang terkait dengan segala sesuatu yang diperlukan untuk kegiatan dan aktivitas manusia.

Struktur nilai tersebut di atas bagi bangsa dan negara Indonesia telah mennyatu dalam pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa, dan negara serta falsafah dan janji luhur bangsa Indonesia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara hukum, semua orang adalah sama kedudukannya di muka hukum. Tata hukum di Indonesia adalah sistem pengayoman yang mewujudkan keadilan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Tata hukum Indonesia mengenai hukum tertulis dan hukum yang tak tertulis. Karena itu, tata sosial Indonesia harus berdasarkna :
1)      Undang-Undang Dasar 1945;
2)        Peraturan perundang-undangan lainnya;
3)      Budi pekerti yang luhur dan cita-cita moral rakyat yang luhur.

Dalam rangka gotong royong, prasaja, musyawarah untuk mufakat, kesatria, dan hidup dinamis untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat, maka tata laku pribadi atau keluarga, masyarakat dan negara harus berpedoman pada :
1)      Norma-norma atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
2)      Norma kesusilaan atau kesopanan;
3)      Norma adat istiadat;
4)      Norma hukum stempat, dan;
5)      Norma hukum negara.

Menurut polanya, struktur sosial budaya dibagi mejadi dua:
1.      Struktur Vertikal, secara vertikal struktur masyarakat Indonesia ditandai adanya perbedaan antara lapisan atas dan lapisan bawah yang cukup tajam. Struktur Vertiksl jugs lebih dikensl dengan stratifikasi sosial
  1. Struktur Horizontal, secara horizontal masyarakat Indonesia ditandai oleh kenyataan adanya kesatuan- kesatuan sosial berdasarkan perbedaan suku bangsa, agama, adat, dan kedaerahan. Perbedaan ini merupakan ciri masyrakat Indonesia yang majemuk. Misalnya dalam masyarakat Indonesia terdapat suku bangsa Minangkabau, suku bangsa Jawa, suku bangsa Sunda dan lain-lain.
Implikasi dari perubahan sosial vertikal itu mengubah semua aspek dalam kehidupan manusia, masyarakat, dan dunia serta semua kehidupan sosial mereka yang umumnya terjadi tidak sja vertikal namun horizontal, bahkan membentuk pola-pola perubahan lainnya, seperti memutar (siklus), mengulang (repetation), memecah, menyatu (diffusion) dan sebagainya.
1.      Diferensiasi Sosial
Diferensiasi merupakan klasifikasi terhadap perbedaan-perbedaan yang biasanya sama. Pada intinya hal-hal yang terdapat dalam diferensiasi itu tidak terdapat tingkatan-tingkatan, namun yang membedakan satu individu dengan individu lainnya adalah sesuatu yang biasanya telah ia bawa sejak lahir. Contohnya saja suku jawa dan suku sunda, sehingga seseorang tidak bisa menganggap suku bangsa yang lebih baik.
Ciri-ciri diferensiasi sosial:
a.       Ciri fisik
b.      Ciri sosial
c.       Ciri budaya
Pengelompokan masyarakat membentuk delapan kriteria diferensiasi sosial
a.       Diferensiasi ras
b.      Diferensiasi suku bangsa
c.       Diferensiasi klen
d.      Diferensiasi agama
e.       Diferensiasi profesi
f.       Diferensiasi jenis kelamin
g.      Diferensiasi asal daerah
h.      Diferensiasi partai

2.      Stratifikasi sosial
Stratifikasi merupakan suatu konsep yang melihat bagaimana masyarakat dibedakan berdasarkan status yang dimilikinya. Stratifikasi dapat terjadi dengan sendirinya sebagai bagian dari preoses pertumbuhan masyarakat, juga dibentuk untuk tujuan bersama.
Ukuran yang biasa digunakan untuk menggolongkan penduduk dalam lapisan-lapisan tertentu yaitu:
a.       Ukuran kekayaan
b.      Ukuran kekuasaan
c.       Ukuran kehormatan
d.      Ukuran ilmu pengetahuan
Menurut Soerjono Soekanto, dilihat sari sifatnya pelapisan sosial dibedakan menjadi sistem sosial tertutup, sistem sosial terbuka dan sistem sosial campuran
a.       Sistem sosial tertutup
Stratifikasi dimana anggota dari setiap strata sulit mengadakan mobilitas vertikal. Walaupun ad mobilitas sangat terbatas pada mobilitas horizontal saja. Contohnya sitem kasta, rasialis, feodal
b.      Stratifikasi sosial terbuka
Stratifikasi ini bersifat dinamis karena setiap anggota strata dapat bebas melakukan mobilitas sosial baik horizontal ataupun vertikal. Contohnya seorang miskin karena usahanya menjadi orang yang kay, orang yang bodoh kana pintar apabila ia mau berusaha dan rajin belajar.
c.       Stratiifkasi cvampuran
Stratifikasi campuran merupakan kombinasi antara stratifikasi terbtutup dan terbuka. Misalnya orang Bali yang berkasta Brahmana merupakan orang yang etrhormat. Namun apabila ia tinggal di Jakrta dan menjadi buruh maka ia mempunyai kedudukan yang rendah. Maka itu ia harus menyesuaikan diri dengan aturan kelompok masyarakat di Jakarta.

2.3. Pergeseran Struktur Sosial Budaya Di Indonesia

Perubahan sosial disebabkan oleh faktor fisis geografis, faktor biologis, faktor teknologis, dan faktor kultural.
Perubahan sosial di Indonesia, sesudah PD II bersifat radikal dalam kehidupan politik, ekonomi, struktur sosial, dan struktur nilai. Unsur kebudayaan dari luar masuk ke Indonesia menimbulkan proses akulturasi, asimilasi dalam kehidupan masyarakat. Susunan masyarakat juga mengalami perubahan.
Struktur sosial budaya masyarakat Indonesia kemudian mengalami perubahan setelah merdeka. Pada masa kemerdekaan ini dikenal struktur baru yaitu masa dan pemimpin, walaupun terdapat juga lapisan- lapisan sosial dengan bermacam- macam status dan peranannya.
1.      Tidak ada masyarakat yang perkembangannya berhenti karena setiap masyarakat mengalami perubahan secapa cepat maupun lambat
2.      Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan akan diikuti perubahan pada lembaga sosial yang ada
3.      Perubahan yang cepat biasanya akan mengakibatkan kekacauan sementara karena orang yang akan berusaha untuk menyesuaikan diri yang terjadi
4.      Prubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau spiritual saja karena keduanya saling berkaitan.

BAB III

PENUTUP
Struktur sosial budaya dimaksudkan sebagai jalinan unsur- unsur sosial budaya yang pokok dalam masyarakat. Struktur sosial budaya indonesia terdiri dari tata nilai, tata laku, tata sosial, struktur vertikal, struktur horizontal, dan juga bentuk diferensiasi dan juga klasifikasi yang mempunyai ciri-ciri dan ukuran yang tertentu.
Perubahan sosial disebabkan oleh faktor fisis geografis, faktor biologis, faktor teknologis, dan faktor kultural. Perubahan sosial budaya juga memiliki empat karakteristik
3.2. Saran
Berdasarkan simpulan penelitian diatas, maka penyusun mengajukan saran sehubungan dengan Struktur Sistem Sosial Budaya Indonesia . Kami tahu bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna maka diharapkan dapat dilakukan penelitian lanjutan yang lebih luas dan komprehensif dan hendaknya kita lebih mengetahui secara lebih mendalam .tentang dengan Struktur Sistem Sosial Budaya Indonesia

DAFTAR PUSTAKA

Irawanto, F. (2011, Januari 08). febriirawanto.blogspot.co.id. Retrieved from Bentuk-Bentuk Struktur Sosial .
Prof. Dr. H. M. Burhan Bungin, S. M. (2013). Sosiologi Komunikasi. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Struktur Sosial Budaya Indonesia. (2013, Januari). Retrieved from http://jari-jarikuberbicara.blogspot.co.id.

Tiatiott. (2015, Februari). Makalah Sistem Sosial Budaya Indonesia. Retrieved from http://tiatiott.blogspot.co.id.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts