Tuesday, January 10, 2017

Contoh Makalah Asas Sistem Sosial Budaya Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Asas Sistem Sosial Budaya Indonesia Pada dasarnya, masyarakat Indonesia sebagai suatu kesatuan telah lahir jauh sebelum lahirnya (secara formal) masyarakat Indonesia. Peristiwa sumpah pemuda pada tannggal 28 Oktober 1928 antara lain merupakan bukti yang jelas. Peristiwa ini merupakan suatu konsensus nasional yang mampu membuat masyarakat Indonesia terintegrasi di atas gagasan Bhineka Tunggal Ika.
Konsensus adalah persetujuan atau kesepakatan yang bersifat umum tentang nilai-nilai, aturan, dan norma dalam menentukan sejumlah tujuan dan upaya mencapai peranan yang harus dilakukan serta imbalan tertentu dalam suatu sitem sosial. Model konsensus tentang kelangsungan suatu masyarakat didasarkan pada “asas penting” yang menyangkut unsur-unsur, seperti kesepakatan, persetujuan, mufakat, kesatuan dan persatuan, serta integrasi.

1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut, kami akan menyusun makalah dengan rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apa itu asas sistem budaya Indonesia?
2.      Apa saja yang termasuk ke dalam asas sistem sosial budaya Indonesia?

1.3  Tujuan Masalah
1.      Untuk megetahui pengertian asas sistem sosial budaya Indonesia
2.      Untuk mengetahui pembagian asas sistem sosial budaya Indonesia


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Asas Sistem Sosial Budaya Indonesia
Asas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu: dasar (sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat); dasar cita-cita (perkumpulan atau organisasi); atau hukum dasar. Singkatnya, asas adalah sesuatu yang menjadi tumpuan berfikir atau berpendapat. Asas juga dapat berarti suatu dalil umum yang dinyatakan dalam istilah umum tanpa menyarankan cara-cara khusus mengenai pelaksanaannya, yang diterapkan pada serangkaian perbuatan untuk menjadi petunjuk yang tepat bagi perbuatan itu.
Sistem sosial budaya Indonesia – adalah sistem sosial sebagai totalitas nilai, tatanan sosial, dan kode etik masyarakat Indonesia harus mampu mewujudkan pandangan dunia dan filsafat negara Pancasila ke dalam semua aspek kehidupan nasional. Prinsip yang mendasari pola pemikiran, pola tindakan, fungsi, struktur, dan proses sistem sosial budaya Indonesia yang dilaksanakan harus perwujudan dari nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, transformasi dan pengembangan sistem sosial harus tetap kepribadian budaya Indonesia.
Jadi, asas sistem sosial budaya Indonesia adalah dasar atau sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat dalam sistem sosial budaya yang ada di Indonesia.

2.2  Pembagian Asas Sistem Sosial Budaya Indonesia
Pada dasarnya, masyarakat Indonesia sebagai suatu kesatuan telah lahir jauh sebelum lahirnya (secara formal) masyarakat Indonesia. Peristiwa sumpah pemuda pada tannggal 28 Oktober 1928 antara lain merupakan bukti yang jelas. Peristiwa ini merupakan suatu konsensus nasional yang mampu membuat masyarakat Indonesia terintegrasi di atas gagasan Bhineka Tunggal Ika.
Konsensus adalah persetujuan atau kesepakatan yang bersifat umum tentang nilai-nilai, aturan, dan norma dalam menentukan sejumlah tujuan dan upaya mencapai peranan yang harus dilakukan serta imbalan tertentu dalam suatu sitem sosial. Model konsensus tentang kelangsungan suatu masyarakat didasarkan pada “asas penting” yang menyangkut unsur-unsur, seperti kesepakatan, persetujuan, mufakat, kesatuan dan persatuan, serta integrasi. Model konsensus atau model integrasi yang menekankan akan unsur norma dan  legitimasi memiliki landasan tentang masyarakat, yaitu sebagai berikut.
a)      Setiap masyarakat memiliki suatu struktur yang abadi dan mapan.
b)      Setiap unsur dalam masyarakat memiliki fungsi masing-masing dalam kelangsungan masyarakat tersebut sebagai suatu sistem keseluruhan.
c)      Unsur dalam masyarakat itu terintegrasi dan seimbang.
d)     Kelanjutan masyarakat itu berasaskan pada kerjasama dan mufakat akan nilai-nilai.
e)      Kehidupan sosial tergantung pada persatuan dan kesatuan.

Apabila menelaah pernyataan tersebut, maka dapat dikatakan bahwa peristiwa sumpah pemuda merupakan konsensus nasional yang mendapat perwujudannya di dalam sistem budaya Indonesia yang didasarkan pada asas penting, yaitu seperti berikut ini.

1.      Asas Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Manusia itu tidak ada yang sempurna, oleh karena itu kehidupan pribadi atau keluarga dalam masyrakat, berbangsa, dan bernegara juga penuh dengan ketidaksempurnaan. Kesempurnaan ini hanya dapat dicapai oleh manusia dan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui semangat dan taqwa, sebab pada akhirnya apa yang diperoleh manusia, masyarakat, bangsa dan negara,  bahkan kemerdekaan itu adalah rahmat Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Asas Merdeka
Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, karena itu kehidupan pribadi atau keluarga, masyarakat, dan bangsa yang bebas itu mempunyai tanggung jawab dan kewajiban bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang menghargai, menghormati dan menjunjung tinggi kemerdekaan itu.
3.      Asas Persatuan dan Kesatuan
Bangsa Indonesia terdiri atas aneka ragam suku, budaya, bahasa, adat istiadat daerah sebagainya telah membentuk negara Republik Indonesia yang meletakan persatuan dan kesatuan sebagai asas sosial budaya nya. Itulah sebagai bangsa dan negara mempunyai sumpah satu bahasa, satu tanah air, dan satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia dengan nilai Bhineka Tunggal Ika.
4.      Asas Kedaulatan Rakyat
Kehidupan pribadi atau keluarga dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam ranngka mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan golongan atau perorangan yang didorong oleh keinginan luhur sebgai cita-cita moral yang luhur dan dipegang teguh dan terpelihara.
5.      Asas Adil dan Makmur
Setiap pribadi atau bangsa dalam kehidupan harus mempunyai kehidupan yang layak dan adil sehingga pekerjaan, pendidikan, profesi, kesehtan, pangan, pakaian, perumahan dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa menjadi hak yang dipertanggungjawabkan dalam bermasyrakat, bebangsa dan bernegara. Itulah sebabnya fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.


BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
3.1  Simpulan
Asas sistem sosial budaya Indonesia adalah dasar atau sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat dalam sistem sosial budaya yang ada di Indonesia. Asas sistem sosial budaya Indonesia, diantaranya adalah asas kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, asas merdeka, asas persatuan dan kesatuan, asas kedaulatan rakyat, serta asas adil dan makmur.
3.2  Saran
Demikian makalah ini kami uraikan, apabila terdapat kesalahan, hendaknya supaya memberi masukan, agar kelak dalam pembutan makalah kami bisa lebih baik lagi. Diharapkan dengan adanya makalah ini pembaca dapat mengetahui dan memahami Asas Sistem Sosial Budaya Indonesia dengan lebih mendalam.


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2015. Fungsi, Pengertian serta 5 Asas Sistem. http://www.markijar.com/2015/12/fungsi-pengertian-serta-5-asas-sistem.html?m=1. diakses pada Kamis, 1 desember 2016 pukul 14.00 WIB.
Anonim. 2015. Macam-macam Pengertian dan Definisi Asas. http://www.kumpulandefinisi.com/2015/07/macam-macam-pengertian-dan-definisi-asas.html. diakses pada Kamis, 1 desember 2016 pukul 14.00 WIB.
Muttaqin, Zainal. 2010. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Banten: Universitas Serang Raya.
Sunjawati, Tia Lestari. 2015. Makalah: sistem sosial budaya Indonesia. http://tiatiott.blogspot.co.id/2015/02/makalah-sistem-sosial-budaya-indonesia.html?m=1 diakses pada Kamis, 1 desember 2016 pukul 14.00 WIB.

Tim Wikipedia. 2016. Sistem Sosial Budaya Indonesia.  https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sistem_sosial_budaya_Indonesia . diakses pada Kamis, 1 desember 2016 pukul 14.00 WIB.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts